5 Tips Sukses Usaha Camilan Berjualan Kacang

Peluangbisnis.org – Apakah anda suka makan kacang? Banyak dari orang Indonesia yang ditanya seperti itu mungkin akan menjawab ya. Selain lezat, gurih dan mudah disantap, kacang juga mengandung nilai gizi tinggi dan memiliki banyak jenis sehingga konsumen punya banyak pilihan rasa.

Jika selama ini anda hanya lazim melihat produk kacang yang diproduksi pabrik besar atau kacang yang dijual dalam kemasan murah, mengapa tidak mencoba membuka usaha camilan kacang yang berkesan ‘bonafide’?

Selama ini, kacang biasanya dianggap cemilan murah meriah dan gampang diolah, sehingga persaingan dalam bisnis jualan kacang relatif besar.

Sebaliknya, jika ada jenis-jenis kacang yang dikemas dengan cantik, kacang semacam itu biasanya adalah kacang impor sehingga harganya cukup mahal.

Nah, anda bisa mencoba usaha camilan dengan menjual kacang-kacangan lokal yang berharga murah, namun dikemas sedemikian rupa sehingga memiliki daya tarik tersendiri.

Penasaran?

Berikut beberapa tips membuka usaha camilan kacang yang lain dari yang lain:

  1. Cobalah mengemas kacang anda dalam kemasan yang berbeda dari biasanya. Jika biasanya kacang dikemas dalam plastik, coba kemas kacang anda dalam kotak kardus dengan pemisah yang dihias cantik (mirip kotak cokelat). Anda bisa mengurangi biaya produksi dengan menggunakan kardus daur ulang atau bekerjasama dengan orang lain yang anda pekerjakan untuk membuat kardus kemasan cantik.

 

  1. Masih berkaitan dengan ide kemasan kardus, coba buat pembagian kotak kecil-kecil dalam kardus tersebut, lalu isi dengan kantung-kantung kacang yang jenisnya berbeda-beda seperti kacang tanah, kacang mede dan kacang koro. Jadi seperti cokelat atau biskuit yang isinya bermacam-macam dalam satu kotak (assorted chocolate atau assorted biscuits), tetapi diganti kacang. Konsumen pasti senang melihatnya dan mereka pun jadi punya banyak pilihan.

 

  1. Coba kemas kacang anda dalam produk yang memiliki sebuah tema agar lebih menarik, misalnya tema yang berkaitan dengan daerah asal anda. Caranya, anda bisa menciptakan suatu warna kemasan khas dan logo unik dengan moto, yang nantinya bisa diasosiasikan dengan produk usaha camilan kacang anda.

 

  1. Buatlah kemasan kacang yang unik di waktu-waktu tertentu, misalnya menjelang Lebaran, Natal, tahun baru atau menjelang tahun ajaran baru. Usaha camilan kacang memiliki pangsa pasar luas, jadi anda bisa memanfaatkannya untuk meningkatkan usaha promosi dengan menyodorkan sesuatu yang berbeda dari produk kacang lain di pasaran.

 

  1. Terakhir, jika anda baru akan memulai usaha camilan, jangan terlalu bernafsu ingin membuat produk yang berbeda sampai berniat membeli jenis-jenis kacang mahal.

 

Untuk permulaan, beli saja jenis-jenis kacang yang harganya murah namun dikemas dan dibuat variasi sehingga konsumen akan mendapat ‘pengalaman’ berbeda saat memakan kacang produk anda. Kreatifitas adalah kunci kesuksesan usaha camilan murah seperti kacang.

Related

3 Tips Membuka Usaha Foto Copy Dengan Modal Kecil

Peluang usaha jasa fotokopy ini bisa Anda jalankan dengan...

Tips Agar Laris Usaha Sop Buah Modal Kecil

Di negara tropis seperti Indonesia, olahan buah segar seperti...

Fungsi Mesin Cup Filling untuk Bisnis UMKM

Peluangbisnis.org - Sesuai dengan namanya, cup filling, mesin ini...

Contoh Usaha Kecil Kecilan Dengan Modal Kecil

Peluangbisnis.org - Seorang ibu Rumah Tangga dapat melakukan usaha...

Macam-Macam Mesin Pembuat Es Batu untuk Mendukung Bisnismu!

Peluangbisnis.org - Tinggal di negara tropis seperti Indonesia pasti...